Jumat, Oktober 6

TUGAS 3 PEREKONOMIAN INDONESIA

1. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DI SEKTOR PERTANIAN, INDUSTRI DAN JASA

PERTANIAN 

KELEBIHAN : Memiliki elastisitas permintaan yang rendah, artinya harga berubah berapapun orang akan tetep membeli produk pertanian.





     
KEKURANGAN : Produksi nya konstan, sangat sulit ditingkatkan dan memiliki investasi yang mahal.

INDUSTRI 

KELEBIHAN : Merupakan salah satu penopang perekonomian bangsa karena skala nya yang sangat besar, mengurangi pengangguran, transfer teknologi. 

KEKURANGAN :  Investasi yang tinggi, dan sangat sensitif terhadap kondisi makro seperti deflasi 

JASA

KELEBIHAN : dapat meraih keuntungan tinggi dengan frekuensi aktivitas yang lebih sering. 

KEKURANGAN : pada pasar persaingan sempurna, tiap orang akan berkompetisi untuk menurunkan harga serendah mungkin, hal ini karena elastisitas permintaan yang tinggi, atau saat harga berubah sedikit maka permintaan akan berubah drastis.

2. PEMBANGUNAN YANG HANYA MENGEJAR PERTUMBUHAN TIDAK AKAN MENGHIRAUKAN KELESTARIAN LINGKUNGAN 

Pembangunan yang hanya mengejar pertumbuhan tetapi tidak menghiraukan kelestarian lingkungan akan berdampak pada kelestarian lingkungan itu sendiri, sebagaimana manusia sangat bergatung kepada kelestarian lingkungan yang ada di sekitanya. Jadi sebaiknya untuk membangun pertumbuhan yang baik adalah dengan cara memikirkan akan berdampak baik atau buruk kepada kelestarian lingkungan itu sendiri.

3.  FAKTOR-FAKTOR PENDORONG INDUSTRILISASI

·         Sumber daya alam yang melimpah
SDA sebagai wadah dalam pengembangan sektor industri. Negara dengan SDA yang besar cenderung lebih lambat dalam industrialisasi
·         Jenis lingungan alam yang tersebar di Indonesia sekarang dapat menimbulkan interaksi antara daerah
Hubungan antar unsur alam dalam suatu wilayah menghasilkan suatu proses yang memberikan ciri khusus kepada wilayah yang bersangkutan. Kekhususan suatu wilayah, misalnya dalam hal hasil dapat mendorong berbagai bentuk kerjasama, saling tukar jasa dengan wilayah lain. Perbedaan wilayah mendorong interaksi berupa pertukaran manusia (migrasi), barang (perniagaan) dan kebudayaan. Lokalisasi yang sentral membawa banyak kemajuan sedangkan lokasi yang menyendiri mengakibatkan keterpencilan dan kemunduran.
·         Letak Indonesia yang strategis untuk pemasaran produk industri
Karena masyarakat di indonesia pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.
·         Jumlah penduduk yang cukup besar
Jumlah penduduk yang cukup besar mengakibatkan industrilisasi berkembang dengan sangat baik. Karena masyarakat yang menjadi pengangguran dapat bekerja mencari nafkah untuk kelangsungan hidup saat ini hingga masa depan.
·         Adanya penurunan modal asing di Indonesia
Dengan menurunnya modal asing mengakibatkan peningkatan kesempatan kerja akibat adanya pabrik-pabrik baru tersebut berdampak positif terhadap ekonomi domestik lewat sisi permintaan: peningkatan kesempatan kerja menambah kemampuan belanja masyarakat dan selanjutnya meningkatkan permintaan di pasar dalam negeri. Sama seperti kasus s ebelumnya, jika penambahan permintaan konsumsi tersebut tidak serta merta menambah impor

·    Jalur pemerintahan lebih banyak, sekarang lebih efesien untuk transportasi hasil industri.
Sistem transportasi yang ada dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan mobilitas penduduk dan sumberdaya lainnya yang dapat mendukung terjadinya pertumbuhan ekonomi

4.  PENGERTIAN KEMITRAAN, KEAGENAN, WARALABA DAN SUBKONTRAK
·         Kemitraan
Menurut Undang-Undang No. 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil Pasal 8 ayat 1 yang berbunyi “Kemitraan adalah kerjasama usaha antara usaha kecil dengan usaha menengah atau dengan usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan usaha oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan ”.

·         Keagenan
keagenan adalah perusahaan perdagangan nasional yang bertindak sebagai perantara untuk dan atas nama prinsipal berdasarkan perjanjian untuk melakukan pemasaran tanpa pemindahan hak atas fisik barang dan/atau jasa yang dimiliki/dikuasai oleh prinsipal yang menunjuknya.Adapun distributor adalah perusahaan perdagangan nasional yang bertindak untuk dan atas namanya sendiri berdasarkan perjanjian yang melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan, serta pemasaran barang dan/atau jasa yang dimiliki atau dikuasai. Dari definisi tersebut maka dapat disimpulkan ketika mengadakan transaksi jual beli dengan pihak ketiga agen bertindak untuk dan atas nama prinsipal menjual barang milik prinsipal, sedangkan distributor membeli barang dari prinsipal dan setelah itu menjualnya kepada pihak ketiga atas nama distributor sendiri.
·         Waralaba
waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
·         Subkontrak
Subkontrak adalah pengaturan di mana kontrak bisnis satu pihak sebagian atau seluruh bagiannya dikontrakkan lagi ke pihak lain. Bisnis seringkali mensubkontrakkan jika mereka kurang memiliki keahlian atau sumber daya untuk menyelesaikan sebuah proyek.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: