Tugas2_PengantarBisnis_Waralaba
PERUSAHAAN WARALABA (FRANCHISE) STARBUCKS

Citra itu berhasil ditanamka oleh Anthony Cottan, nakhoda di balik Starbucks. Dia terus melebarkan sayap Starbucks ke seluruh Indonesia. Strateginya yang patut dipuji adalah membangun gerai di tempat-tempat yang tak biasa. Starbucks pun tak cuma bisa ditemui di mal.
Dimulai dari melihat peluang
kecintaan Amerika akan kopi yang enak yang lebih kuat dari apapun maka bisnis
kedai kopi berkembang lebih cepat daripada industri yang lain. Selain itu
faktor lifestyle membuat industri kopi semakin berkembang.
Kedai kopi Starbucks pertama di Seattle. Foto oleh Jim
Hill @Flickr.
Sejarah Singkat Starbucks
Didirikan oleh 3 orang
founder yaitu guru Inggris Jerry Baldwin, guru sejarah Zev Siegl, dan penulis
Gordon Bowker. Mereka terinspirasi menyajikan kopi berkualitas tinggi setelah
diajarkan teknik coffee roasting.
Nama Starbucks sendiri
pada awalnya hampir menggunakan nama "Cargo House" hingga akhirnya
salah satu dari founder memberikan ide bahwa nama dari restoran siap saji ini
haruslah berhuruf awal "St". Akhirnya, Bowker membuat daftar nama
dari berbagai macam kata yang berawalan "St" kemudian tidak diketahui
siapa orang yang memilih nama tersebut, menunjukkan nama dari sebuah kota
pertambangan tua yang bernama Starbo. Itulah inspirasi dari nama Starbucks. StarBucks
saat ini telah memiliki 20.737 cabang di 63 Negara seluruh dunia dan sudah
sangat terkenal ke seluruh penjuru dunia.
Starbucks memasuki ruang
lingkup yang lebih luas dengan membuat perjanjian lisensi bersama organisasi
Fair Trade nasional. Perjanjian ini menyepakati bahwa Starbucks hanya akan
menjual kopi-kopi bersertifikat Fair Trade di negara-negara Starbucks
menjalankan bisnisnya. Sebuah perusahaan lain milik Starbucks bernama Starbucks
Coffee Trading Company didirikan di Lausanne, Swiss. Cabang pertama Starbucks
di Indonesia juga dibuka pada tahun 2002.
Sebetulnya, Starbucks
berhubungan dengan Indonesia sejak 1970-an. Kantor pusat Starbucks di Seattle,
Amerika Serikat, sering memesan kopi dari Sumatera dan Jawa. Meski hubungannya
sudah cukup lama, ada banyak pertimbangan untuk membuka gerai di Indonesia.
Baru setelah evaluasi di akhir 1999, Starbucks menyeleksi 200 perusahaan calon
mitra di Indonesia. Setelah due dilligence 2-3 tahun, akhirnya Mitra Adi
Perkasa terpilih pada 2001.
Visi
Untuk membuat Starbucks sebagai merek yang paling diakui di dunia dan menjadi perusahaan internasional dengan nilai-nilai dan prinsip bahwa karyawan bisa dibanggakan, perusahaan memiliki Visi dimana Starbucks akan menjadi kedai kopi yang terkenal dan juga menjadi yang paling dihargai dan dinilai merek yang paling positif oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia. Perusahaan juga memfokuskan visinya untuk kepuasan karyawan, sehingga karyawannya bahagia.
Misi
“To inspire and nurture the human spirit - one person,one cup, and one neighborhood at a time ”
Untuk mendukung misi tersebut, terdapat prinsip-prinsip yang dianut oleh Starbucks yaitu:
• Kopi Kami (Our Coffee ) Itu selalu, dan akan selalu menjadi, tentang kualitas. Kami sedang bergairah tentangsumber etis biji kopi terbaik, memanggang mereka dengan sangat hati-hati, danmeningkatkan kehidupan orang-orang yang tumbuh mereka. Kami sangat pedulitentang semua ini, pekerjaan kami tidak pernah dilakukan.
• Mitra Kami (Our Partners ) Kita disebut mitra, karena bukan hanya sebuah pekerjaan, gairah kita. Bersama-sama,kita merangkul keragaman untuk menciptakan sebuah tempat di mana masing-masingdari kita bisa menjadi diri kita sendiri. Kami selalu memperlakukan satu sama laindengan hormat dan martabat. Dan kami terus satu sama lain untuk yang standar.
• Pelanggan Kami (Our Customers ) Ketika kita benar-benar terlibat, kita berhubungan dengan, tertawa bersama, danmengangkat kehidupan pelanggan kami-bahkan jika hanya untuk beberapa saat.Tentu, hal itu dimulai dengan janji membuat minuman yang sempurna, tetapipekerjaan kita jauh melampaui itu. Ini benar-benar tentang hubungan manusia.
• Toko Kami (Our Stores ) Ketika pelanggan kami merasa rasa memiliki ini, toko kami menjadi tempat berlindung,istirahat dari kekhawatiran luar, tempat di mana Anda dapat bertemu dengan teman-teman. Ini tentang kesenangan di kecepatan kehidupan-kadang-kadang lambat danmenikmati, kadang-kadang lebih cepat. Selalu penuh kemanusiaan.
• Tetangga Kami (Our Neighborhood ) Setiap toko adalah bagian dari komunitas, dan kita mengambil tanggung jawab kitauntuk menjadi tetangga yang baik serius. Kami ingin diundang dalam dimanapun kamimelakukan bisnis. Kita dapat menjadi kekuatan untuk tindakan positif-membawabersama mitra kami, pelanggan, dan masyarakat untuk memberikan kontribusi setiap hari. Sekarang kita melihat bahwa tanggung jawab kita-dan potensi kita baik-bahkanlebih besar. Dunia ini mencari ke Starbucks untuk menetapkan standar baru, lagi-lagi.Kami akan memimpin.
• Pemegang Saham Kami (Our Shareholders ) Kita tahu bahwa ketika kami menyampaikan dalam setiap bidang ini, kami menikmati kesuksesan jenis yang penghargaan pemegang saham kami. Kita sepenuhnyabertanggung jawab untuk mendapatkan masing-masing elemen ini kanan sehinggaStarbucks dan setiap orang yang disentuhnya-dapat bertahan dan berkembang
.
KLASIFIKASI SEGMENTING, TARGETING,
POSITIONING
Segmenting
Starbucks
membidik segmen di Hotels, Grocery Stores, Schools, Businesses, Industries
Cafeteria and Airlines. Starbucks membuka kedai kopinya di seluruh dunia,
seperti di Brazil, Rusia, Rumania, serta menempatkan logo Starbucks pertamanya
di Kairo Mesir.
Targeting
Target usia
pelanggan Starbucks adalah 18-40 tahun, namun menurut penelitian bahwa anak-anak
muda maupun orang dewasa yang lebih tua ternyata suka Starbucks juga.
Rata-rata konsumen Starbuck adalah konsumen
kelas menengah ke atas perkotaan,orang dewasa bekerja, eksekutif muda yang suka
hangout.
Positioning
Starbucks
memposisikan dirinya sebagai the third place (tempat ketiga) untuk minum kopi
bagi konsumennya.
Positioning
the third place ini digunakan dengan pandangan bahwaumumnya orang telah memiliki
dua tempat sebelumnya yaitu rumah dan tempataktivitasnya (kantor, pabrik,
sekolah dan sebagainya). Dan sebagian besar waktunya pastidihabiskan di kedua
tempat tersebut, oleh karena itu STARBUCKS Coffee inginmenjadikan dirinya
sebagai the third place. Starbucks juga memposisikan diri sebagai “The World’s
Finest Coffee Experience ”. Berbeda dengan pesaingnya, ia tidak
memposisikan diri sebagai warung atau restorankopi yang mengagung agungkan
keenakan kopinya, tetapi lebih sebagai tempatmenikmati pengalaman ngopi.
Melalui positioningnya Starbucks ingin mengatakankepada setiap pelanggannya
bahwa mereka akan menikmati pengalaman see and to be seen dan bukan
sekedar kopi yang enak
Kelebihan Starbuck
Starbucks
memiliki beberapa keunggulan dalam berbisnis, yaitu tidak hanya menawarkan
kelezatan dan kualitas kopi yang unggul dan makanannya tetapi juga memiliki
suasana yang nyaman tempat yang bersih, banyak stop kontak, tempatnya cozy
untuk konsentrasi (terutama weekdays). pegawainya anak-anak muda yang
ramah dan produk-produk serta promosi-promosi yang menarik bagi konsumennya.
Kelebihan
lain nya adalah Starbuck mempunyai Starbuks Card, beberapa yang ditawarkan dari
Starbucks Card:
1.
Gratis minuman berukuran grande untuk pembelian 10 minimum ukuran apa saja
2. Gratis whole bean 250 gram untuk pembelian 8 whole bean 250 gram
3. Gratis pack Starbucks VIA Ready Brew (3 Ct) untuk pembelian 8 pack Starbuck VIA Ready Brw
4. Gratis minuman berukuran Tall sesuai pilihan untuk pembelian satu mug/tumbler
5. Gratis 1pack whole bean 250 gram untuk pembelian cofee press (ukuran apa saja)’
6. Gratis minuman berukuran Grande untuk pembelian kue atau makanan pada hari ulang tahun Anda.
2. Gratis whole bean 250 gram untuk pembelian 8 whole bean 250 gram
3. Gratis pack Starbucks VIA Ready Brew (3 Ct) untuk pembelian 8 pack Starbuck VIA Ready Brw
4. Gratis minuman berukuran Tall sesuai pilihan untuk pembelian satu mug/tumbler
5. Gratis 1pack whole bean 250 gram untuk pembelian cofee press (ukuran apa saja)’
6. Gratis minuman berukuran Grande untuk pembelian kue atau makanan pada hari ulang tahun Anda.
Kekurangan
Harga lebih mahal karena mengikuti kurs mata uang.
Pesaingan
Ada
beberapa pesaing Starbucks, contohnya Coffe Bean. Dilihat dari menu, keduanya
sama-sama memiliki menu yang bervariasi dari minuman tapi dari makanannya
Starbuks lebih unggul dari Coffee Bean, Starbuck mempunyai pilihan kue yang
bervariasi sedangkan Coffee Bean tidak terlalu mempunyai pilihan kue yang
bervariasi. Porsi kuenya ga besar
karena kuenya pendek. Lalu rasanya yang bisa
di bilang biasa aja, Sedangkan Starbucks mempunyai pilihan kue yang bervariasi
dengan rasa yang lezat, dan kitapun bisa meminta baritsta Starbucknya untuk
memanaskan kue kita. Dilihat dari promo kedua cafe ini Starbuck mempunyai
banyak promo, sedangkan Coffee Bean hanya dapat dilakukan dengan menunjukan
Kartu Bank Mega dan Visa Bank Mega.
Kesimpulan
Keunggulan Starbucks dapat dilihat dari menunya yang bervariasi dan terus mencoba mengeluarkan prduk dan promo yang membuat konsumen tidak bosan. Walaupun banyak pesaing yang bermunculan starbucks terus menjadi cafe yang terus berkembang.
Refrensi:
0 komentar: